Kamis, 20 Agustus 2009

August of My Life

Agustus? Bagi rakyat Indonesia bulan ini adalah simbol heroic karena di bulan inilah hari kemerdekaan kita. Yup awal langkah bangsa ini untuk melangkah lebih maju 64 tahun yang lalu. Tapi buatku ada sesuatu yang lebih, karena di bulan inilah Kakekq wafat n meninggalkan cucunya yg imut seperti aku (mulai narziz deh!!). Kenapa oh kenapa?? Bukanx mati adalah siklus hidup?? Apa yang lebih dari wafatx beliau??

Itu karena beliau adalah salah seorang pahlawan yang berjasa bagi negara kita. Dahulu beliau adalah pejuang yang ikut mempertahankan kemerdekaan negara kita. Beliau ikut militer and bertugas di deket kota kelahiranku "Lawang". Bliau sering bercerita saat bliau bertempur melawan penjajah di gunung Wedon. Yapz aku sampe hapal bnget ceritanya, bliau klo ke "Lawang" sering minta dianterin ke wedon untuk mengenang masa2 saat bliau berjuang. Beliau terlihat bgitu bangga akan masa lalunya itu, meski itu hanya secuil dari masa silamnya. Hal inilah yg mungkin membuat anak dan cucu beliau bosan dengan ceritax krn hanya itu2 saja. Yach maklum namax jg orang tua.

Sebenarnya saat era damai tiba bliau sudah tak mengangkat senjata. (Loh knapa?? dijual n diganti cangkul??) Bliau bekerja di pengadilan agama sebagai penghulu, dan kisah beliau dalam bergulat di nikah menikahkan inilah yang tak pernah beliau ceritakan. Usut punya usut ternyata Kakek ga jadi ngelanjutin di militer karena Nenek yang khawatir dengan keselamatan Kakek, jadinya Kakek ngikut aj kata Nenek. Klo menurutku Kakek ga perlu crita soal heroismex terus menerus ke cucu n anaknya krn buat kami kakek itu adalah pahlawan meski kami ga tau jasa2 beliau. Tp aku jg cukup nyesel waktu beliau cerita ga bgitu memperatikan.

Bliau wafat saat maghrib. Ini kejadian yang cukup langkah klo menurutku. Waktu itu masih anget2x agustusan, seingatku tgl 18 agustus waktu itu. Saat adzan maghrib, beliau mengambil air wudhu di kran depan rumah, tiba2 bliau terjatuh n cucux yg lewat langsung minta tolong. Lalu dibawalah beliau ke kasur, tapi beberapa saat kemudian bliau wafat. Bnar2 luar biasa, tanpa keluhan rasa sakit sama sekali n ga ad tanda2 yg aneh dengan beliau bahkan saat itu kesehatan beliau sedang membaik. Keesokan harinya brita pun menyebar, kawan2 veteranx pun mempersiapkan pemakaman secara militer (ini pertama kalix wa liat neh!!). Yup, ini adalah rasa hormat kami akan jasa beliau and perwujudan rasa bangga beliau akan jasa2x.

Beliau memang telah tiada, tapi bliau mewariskan hal yang berharga. Bukan hanya sekedar nama or tanda jasa tapi sebuah plajaran akan hidup. Smua yang diajarkan ke anak cucu bliau akan terus mengalir di tiap denyut nadi kturunan bliau. Selamat tinggal kakek, slamat tinggal pahlawan kusuma bangsa T.T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar