Rabu, 29 Juli 2009

Secuil Tanya Tentang Plagiat

Writer kali ini mau mengangkat isu yang berkembang cukup pesat di negara ini. Yup, masalah plagiat. Agak gemeter juga sih jari ini waktu ngetik, cuz yakin banyak kontra yang bakal ngelawan writer kita yang imut, baik dan tidak sombong ini (hohohohoho). Mumpung masih start jongkok (emangnya lomba lari om??) saya tekankan ini cuman "PERTANYAAN" dari otakq yg akhirnya berujung pada sebuah persepsi, dan aku bakal nulis itu disini. Saya tekankan juga saya ga memihak plagiat sekaligus ga musuhin plagiat, saya netral cuz cuman kuli tinta yang bingung akan dunia ini.

Awal2 dulu D'masiv ngetren banget, mulai bermunculan pendapat dari berbagai org di cyber khususnya, klo lagu mreka menjiplak dari orang lain. Nah semenjak itu aksi AP (anti plagiat) mulai berkembang. Td waktu chat di FB jg bnyak yg nentang, ad yg bilang ga ijin2, ga kreatif, menipu, dll. Tapi dari semua yg kudapet intinya sih satu, plagiat = nyontek. Biar lebih jelas nih ya saya bukain kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), yg isinya sbb:

Akar kata ‘plagiat’ berasal dari bahasa Latin, ‘plagiarius’, yang berarti 'penculik’, dan ‘plagiare’, berarti ‘mencuri’. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan ‘plagiat’ sebagai “pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri.

Yup, jadi begitulah.. Klo nyontek kan kita ga bilang, "jawaban ini berasal dari jawaban bangku sebelah saya" or yg paling ngetren "cover jawaban temen sebelah" (kayak umbrella cover dll aja om hehe). Jadi itu plagiat cuz kita ga ngakuin karya orang lain. Ok, de'masip plagiat klo mreka ga ngakuin karya dia terinspirasi dari karya org lain, btw mbah surip yg lagunya tak gendong jg plagiat low.. bisa dicari di mbah google.

Jadi ngopy karya orang lain itu fine2 aj, selama kita masih menyertakan asal mula dari karya yg kita copy itu. Negeri ini plagiat (*emang*) tapi ad sosok yg patut dicontoh. Beliau adalah seniman jawa yg mempopulerkan campursari lewat karyanya. Yup beliau adalah Didi Kempot, waktu lagu beliau yang judulnya "Cucak Rowo" lagi hitz bnget, beliau ditanyain bikin darimana tuh lagu, dan dengan jujurnya beliau bilang "oh itu lagu terkenal dari Amerika yang saya modifikasi" (sorry klo agk lupa kalimatx om, tpi yah secara garis besar kyk gitu lah). Nah yg ini nih yang ga melanggar hukum, cuz beliau dah ngaku klo itu karya lawas yang beliau modif. Bnyak jg karya beliau yg dari lagu luar maupun dalam yg intinya copy, paste and translate (jadi jawa getoo). Contohnya lagu sewu kutho yang asal muasalnya tembang lawas yg judulx 1000 kota, bukan cuma itu ada jg lagu hotel malioboro yg merupakan versi jawanya lagu hotel california dengan beberapa penyesuaian tentunya. So, hargai dong karya orang lain, klo emang ambilx dari sumber lain tulis aja sumberx itu ap. Hehe, klo kemiripan krn ketidak sengajaan ya bilang aj, bnyk kok karya2 yg miripx krn ketidak sengajaan semata. OK guyz, dah jelas masalah plagiat kan? hehe. Klo nyontek tulis aja daftar pustakax (ex:contekan ini diambil dari bangku sebelah kanan dan sebelah belakang saya). Hehehe, klo kalian ga gitu kalian jg plagiat cuz mengakui hasil org lain adalah hasil kalian. Klo aku mah emang sadar klo aku ini plagiat, makanya waktu rame2 ada masalah plagiator di indo aku ga brani ngasih pendapat cuz akunya sendiri juga plagiator saat ujian.



NB: ad sebuah kata bijak yang bilang, "kalau kamu menunjuk seseorang, keempat jarimu menunjuk pada dirimu sendiri". So, klo kalian benci ama plagiat maka tunjukin jg di real life klo kalian benci and bukan plagiat (klo masih nyontek jg, ya kalian ga tau malu ama diri sendiri hehe). Yup yup yup,maaf ya klo kata2x blepotan and agk menusuk hati pembaca, saya jg minta maaf ama temen2 di FB yg meladeni pertanyaan2 saya yg aneh, cuz saya emang ga ngerti plagiat itu apa??.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar